IMPLEMENTASI BASIS DATA

    Postingan kali ini, akan dijelaskan tentang cara mengimplementasikan basis data dari model data yang telah dibuat. Pembahasan dimulai dengan penjelasan tentang tahapan implementasi basis data kemudian dilanjutkan dengan demonstrasi praktik cara membangun tabel-tabel basis data dari Diagram E-R.


7.1  Tahap Implementasi Basis Data
Tahap implementasi basis data merupakan upaya untuk membangun basis data fisik yang ditempatkan dalam memori sekunder (disk) dengan bantuan DBMS (Database Management System) yang kita pilih.
Tahap implementasi basis data diawali dengan melakukan transformasi dari model data yang telah selesai dibuat ke skema/struktur basis data sesuai dengan DBMS yang dipilih. Secara umum, sebuah diagram E-R akan direpresentasikan menjadi sebuah basis data secara fisik. Sedang komponen-komponen Diagram E-R yang berupa himpunan entitas dan himpunan relasi akan ditransformasikan menjadi tabel-tabel (file-file data) yang merupakan komponen utama pembentuk basis data.  Selanjutnya atribut-atribut yang melekat pada masing-masing himpunan entitas dan himpunan relasi akan dinyatakan sebagai field-field dari tabel-tabel yang sesuai.
Aturan umum dalam pemetaan Model Data (Level Konseptual dalam Abstraksi Data) yang digambarkan dengan Diagram E-R menjadi Basis Data Fisik (Level Fisik dalam Abstraksi Data) adalah :
1.        Setiap himpunan entitas akan diimplemetasikan sebagai sebuah tabel (file data)

                
 
Gambar Tranformasi Himpunan Entitas ke Basis Data Fisik
2.        Relasi dengan Relasi Derajat 1-1 (satu ke satu) yang menghubungkan 2 buah himpunan entitas akan direpresentasikan dalam bentuk penambahan/penyertaan atribut-atribut relasi ke tabel yang mewakili salah satu dari kedua himpunan entitas.
 
Gambar Transformasi Relasi Satu ke Satu ke Basis Data Fisik

3.        Relasi dengan Derajat Relasi 1-N (satu ke banyak) yang menghubungkan 2 buah himpunan entitas, juga juga akan direpresentasikan dalam bentuk pemberian/pencantuman atribut key dari himpunan entitas pertama (yang derajat 1) ke tabel yang mewakili entitas kedua (yang berderajat N).
Gambar Transformasi Relasi Satu ke Banyak ke Basis Data Fisik 


Gambar Transformasi Relasi Banyak ke Banyak ke Basis Data Fisik

Comments

Popular posts from this blog

Driver Printer Canon PIXMA MP230, MP237 Terbaru Windows (xp, 7, 8, 10)

OSPF (Open Shortest Path First)

Makalah Keamanan Sistem Informasi