TUGAS KONSEP JARINGAN



OSI 7 LAYER








Open System Interconnection (OSI) adalah sebuah model untuk komunikasi komputer yang terdiri dari 7 layer atau lapisan (OSI 7 layer).

7 OSI Layer artinya 7 Lapisan OSI yang terdiri dari : Application, Presentation, Session, Transport, Network, Data Link, dan Physical

Tujuan  penggunaan model OSI yaitu untuk membantu memahami fungsi dari tiap-tiap layer yang berhubungan dengan aliran komunikasi data.

Bagian-bagian dari Osi 7 layer yaitu sebagai berikut :

1. Application

Pertama Application, fungsinya yaitu Menyediakan jasa bagi pengguna seperti aplikasi yang ada pada jaringan.Application merupakan  pertukaran informasi antar program komputer seperti program e-mail, dan service lain yang jalan di jaringan.

 


2. Presentation

Selanjutnya Presentation fungsinya Bertanggung jawab mengkonversikan data dan format data untuk mentransfer data. Layer ini juga membentuk kode konversi, translasi data, dan enkripsi.

3. Session

Ke-3 Session fungsinya yaitu Menjaga, memelihara dan mengatur koneksi antara 2 terminal agar mereka bisa saling berhubungan satu sama lain.

4. Transport

selanjutnya Transport berfungsi Bertanggung jawab membagi data menjadi segmen, menjaga koneksi end to end antar terminal, dan penanganan error.

5. Network

Ke5 Network berfungsi Menentukan alamat jaringan, menentukan rute yang di ambil selama perjalanan dan menjaga antrian traffic data yang berbentuk paket data.

6. Data Link

Selanjutnya Data Link Fungsinya yaitu Menyediakan link untuk data dan memaketkannya dalam bentuk frame yang berhubungan dengan hardware kemudian di transfer menggunakan kartu jaringan (NIC). Data Link juga mengatur komunikasi layer fisik antara sistem koneksi dan penanganan error.

7. Physical

Terakhir yaitu Physical fungsinya yaitu Bertanggung jawab merubah data menjadi bit dan mentransfernya melalui media seperti kabel dan menjaga koneksi fisik antar system/terminal.
 

Comments

Popular posts from this blog

Driver Printer Canon PIXMA MP230, MP237 Terbaru Windows (xp, 7, 8, 10)

OSPF (Open Shortest Path First)

Makalah Keamanan Sistem Informasi